Banda Aceh : 30/04/ 2025 Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah an Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan Review Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE). Kegiatan ini di hadiri langsung oleh wakil dekan I Prof dr. Buhari Muslim, M.Ag
Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan penerapan Kurikulum Berbasis OBE di tahun 2025, serta memastikan bahwa dokumen kurikulum yang disusun memenuhi standar internasional untuk diterapkan dalam perkuliahan mahasiswa pada program studi Pendidikan biologi. Dalam sambutannya Prof Buhari menyampaikan pentingnya review ini sebagai bagian dari upaya terus menerus untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Beliau menekankan bahwa penerapan Kurikulum Berbasis OBE akan memastikan lulusan Prodi biologi memiliki kompetensi yang relevan dengan kebutuhan dunia Pendidikan dan dapat bersaing di tingkat internasional. Pentingnya Outcome Based Education dalam konteks pendidikan tinggi. Beliau menjelaskan bahwa OBE fokus pada pencapaian hasil belajar yang jelas dan terukur, serta mendorong pengembangan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Prof. buhari juga memberikan contoh-contoh penerapan OBE di universitas-universitas terkemuka dan bagaimana pendekatan ini dapat meningkatkan kualitas lulusan.

Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Pak Mulyadi, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa Kurikulum OBE yang sudah disusun oleh pihak prodi, mulai profil inti, profil tambahan, CPL, matriks sampai evaluasi yang didesain memang sangat perlu untuk direview.
Setiap CPL pasti dibebani matakuliah yang harus diukur, dalam menerapkan program kurikulum. kita mengacu pada permendistek yang terbaru, atau kita orientasinya menyesuaikan dengan kurikulum yang sudah ada. ” kurikulum OBE yang sudah disusun oleh bapak ibu merupakan tagihan yang bisa dijawab dan dilaporkan terkait pengukuran matakuliah ini sesuai dengan indikatornya
Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh dosen program studi Pendidikan biologi dari berbagai disiplin ilmu dalam biologi, baik pendidikan biologi maupun bidang biologi. Proses perumusan CPL dan indicator pada masing-masing matakuliah di diskusikan dengan dosen pengampu dalam kelompok team teaching. Kegiatan review ini juga diisi dengan sesi diskusi interaktif, dengan pakar tentang berbagai aspek penerapan OBE. Diskusi ini memberikan kesempatan bagi dosn prodi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dan solusi konkret untuk tantangan yang dihadapi dalam penyusunan kurikulum.

Pada akhir acara, para peserta menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan memberikan wawasan baru yang berharga untuk pengembangan kurikulum. Kegiatan review oleh expert eksternal ini tidak hanya berfungsi sebagai evaluasi, tetapi juga sebagai langkah strategis untuk memastikan kurikulum yang diterapkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan standar internasional.